"Normal is Boring" dan "Creative like Crazy like Childish'

"Normal is Boring"
haha .. Kalau dipikir-pikir kata-kata tersebut ada benarnya juga. Senin, 3 Desember lalu saya baru mendapat pelajaran baru. Ketika itu pelajaran Bimbingan Konseling oleh guru saya, bapak Drs. M. Budiman A.R., MPd. Beliau menjelaskan tentang kelakuan aneh yang ternyata membawa keberuntungan. Kalau kita cermati dari kata "Normal is Boring" tersebut, memang benar. Hidup ini tak seharusnya selalu lurus, selalu mengikuti aturan atau berjalan dengan normal seperti biasanya. Terkadang kita juga harus menyimpang dari aturan-aturan tersebut, bisa dibilang kegiatan kreatif lah. Kalau kita melakukan yang biasa-biasa saja itu sudah biasa. Tapi kalau kita melakukan kegiatan yang tidak biasa atau di luar dari biasa (aneh) itu baru luar biasa. Toh nyatanya banyak orang-orang kreatif yang melakukan sesuatu dengan cara yang tidak biasa, justru mereka mendapat keuntungan dari kegiatannya itu.

Contoh, biasanya kita tahu bahwa cover sebuah buku itu letaknya di depan. Tapi ternyata ada seorang penulis yang membuat buku dengan cover depan berwarna putih semua, tidak ada gambarnya (kosong). Meskipun begitu, banyak orang yang membeli buku tersebut. Karena memang keunikannya, orang tersebut jadi ingin membaca buku itu. Ada lagi, sebuah buku yang halamannya tidak beraturan tapi banyak orang yang mau membeli. Dan ada seorang penulis juga, yang mungkin karena kehabisan ide untuk menulis ia membuat buku kira-kira 300 halaman yang ternyata di dalam buku tersebut tidak ada gambarnya atau pun tulisan. Namun banyak orang yang ingin memiliki buku tersebut karena memang bisa digunakan untuk keperluan lain.

Contoh selain itu juga masih ada. Dulu, pernah gak kalian berpikir ada jalan yang melayang (jalan yang ada di atas jalan juga)? Kebayang gak sih ada jalan, tapi di atas jalannya ada jalan lagi? Sesuatu yang mustahil bagi kita yang awam. Kok bisa ya? Tetapi seorang arsitek membuktikan pemikiran yang bisa dibilang 'gila' tersebut. Dengan kemampuan dan ide-ide kreatif yang agak 'gila' itu mereka menciptakan sebuah jalan yang disebut dengan "fly over". Tau kan apa itu fly over? Sekarang fly over itu sudah tidak asing bagi kita. Karena kita sering menggunakan atau memanfaatkannya. Itulah sebagian bukti-bukti dari orang yang tidak selalu mengikuti aturan atau melakukan hal-hal yang tidak biasa. Jadi gak salah dong kalau kita berpikir yang agak 'gila' sedikit tidak rasional. Anak kecil juga bisa dijadikan contoh loh. Pernah melihat mereka bermain kan? Coba dengar deh ucapan-ucapan mereka. Terkadang ucapan mereka bagi orang dewasa itu tidak masuk akal. Bayangkan saja, ketika mereka sedang bermain mereka selalu membayangkan diri mereka itu kuat, bisa terbang seperti pahlawan-pahlawan super. Padahal bagi kita itu tidak mungkin terjadi. Tapi dengan ide-ide anak kecil tersebut, sekarang mulai bermunculan film-film atau komik-komik tentang pahlawan super dll. Ternyata semua itu laku di pasaran loh..

Tidak salah saya sangat setuju dengan kata-kata "Normal is Boring". Karena memang benar kenyataannya. Dari dulu, saya pun memang suka melakukan sesuatu yang tidak biasa. Bisa dibilang aneh lah. kebiasaan aneh saya itu antara lain, suka membaca buku pelajaran dari belakang. banyak teman saya yang bilang kalau saya itu aneh karena kebiasaan saya itu. tapi menurut saya, kebiasaan saya itu adalah hal yang biasa. karena dengan membaca buku dari belakang itu mempermudah saya dalam menghafal pelajaran. tapi itu benar loh...saya lebih mudah hafal bila membaca buku dari belakang dibandingkan dari depan. dan saya juga suka membaca buku pelajaran sambil melakukan sesuatu atau bekerja (menyapu, mengelap kaca atau mebersihkan rumah) dibandingkan saya harus duduk diam di kursi meja belajar. karena itu membuat saya lebih cepat jenuh dan malas atau ngantuk. tapi walaupun begitu, saya dapat mengingat pelajaran dengan mudah. dan ada satu kebiasaan aneh saya yang terkadang membuat teman saya berkata kalau saya itu agak sedikit 'gila'. yaitu, saya suka tersenyum baik ada masalah atau tidak.bayangkan saja, masa saya ketika teman-teman saya bingung karena ada ulangan mendadak tapi saya malah tersenyum, cengengesan, cengar-cengir gitu. memang sih senyum itu ibadah. tapi senyum yang saya lakukan bukan karena semata-mata untuk ibadah saja. tapi, saya senyum itu adalah cara saya untuk menghadapi aral yang datang menghadang dalam kehidupan saya. dan satu lagi, saya itu ingin hidup seperti anak kecil selamanya. mengapa? karena menerut saya menjadi seorang anak kecil itu sangat menyenangkan. mereka bisa tertawa lepas, ceria, dan dalam hidupnya itu penuh dengan bermain seakan-akan hidupnya itu bahagia.

jadi kesimpulanya, NORMAL is BORING .... CREATIVE like CRAZY like CHILDISH

Comments

  1. hi al....thx yaa utk ceritanya ttg Normal is boring...keep being creative yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga mba ... Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya yang sederhana ini. Terimakasih juga atas judul bukunya yang sangat menginspirasi saya. Belum baca bukunya sih..itu saya hanya mencoba menulis dari apa yang saya dengar. Maaf juga mba kalau di artikel ini ada yang kurang berkenan di hati, saya juga kurang tau siapa penulis yang dimaksud oleh guru saya tapi melalui cerita beliau yang mengambil dari buku mba membuat saya terinspirasi. Terimakasih

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Terus berkarya...
    sip sip bagus fi (Y)

    Wel wel wel wel

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar. Komentar Anda sangat bermanfaat bagi saya. Dimohon untuk memakai bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA. Terimakasih ^^

Popular posts from this blog

Saras 008 Pembela Kebajikan

Kontes Blog #PESAWATKERTASTERAKHIR : Teruntuk Kita yang Pernah Sedekat Nadi Sebelum Sejauh Matahari

RUGRATS : a 90's Cartoon