Cerita Di Jogja #1



Hello there !

Yeah, I’m coming. After all this time, I’m going for several weeks I think. Terakhir, kapan sih gue nulis di blog ini? Hadeeehhh...gue lupa. Kemarin tuh padahal gue gak mau absen nulis di blog ini, tapi ya sorry sorry to say nih, I’m really busy. *sibuk atau memang gak ada kuota? Da aku mah apa atuh, cuma serpihan bubuk rangginang. Halaahh..aya aya wae. Sumpeh! Gue emang sibuk bulan Desember ini. Dari mulai sibuk mimpin latihan kabaret. Biasaa..gue kan penulis ide cerita, penulis skenario dan sutradara kawakan di galaxy ini. Hehe. Gak kok..pokoknya gue sibuk ngurusin kabaret. Terus, sibuk UAS, ngadmin di salah satu akun twitter fanbase artis terkenal Indonesia, dan gue ngajar les anak SD juga. Bayangin, kemaren dalam waktu seminggu gue udah keliling 3 kota di Indonesia. Guess what? Awkey, pertama gue ke Jogja habis itu keliling kota Tangerang terus langsung capcuss ke Bogor. Hectic banget ya hidup gue. Keren gak? Basi. Terlalu biasa ya...oh ya, maap maap atuh sebelumnya, bahasa Inggris gue ancurrr!

Langsung aja yee...kali ini gue mau bahas tentang jalan-jalan pertama kali di Jogjakarta. Menurut gue bukan jalan-jalan sih, kan study tour. Itu juga karena sekolah yang ngadain. Kalau kaga, gue gak ke Jogja dong. Da aku mah apa atuh, cuma serpihan bubuk bon cabe. Oh ya, jujur sejujur jujurnya ya...gue bener-bener bete abis hari ini. Gimana enggak? Video gue pas ke Jogja di hp hilang semua. Ngenesss udah capek capek bikin vlogs buat diupload ke Youtube malah hilang. Padahal pas gue liat di kamar hotel saat malam terakhir gue di Jogja masih ada. Anehnya, video yang hilang itu cuma rekaman pas perjalanan di kereta -_- *itu karena keretanya yang horor bukan sih? Pucing ala balbi. *means pusing kepala barbie* Katanya langsung, ini pake ngintro dulu. Hehe. Maap atuh da aku mah...apa ya? Tapi, sumpah perjalanan gue dan temen2 sekolah gue bener-bener berkesan. Meskipun gue gak begitu ngerasain seperti apa yang temen-temen gue update di media sosial. Alasannya? Nanti deh diceritain. Awkey disini gue bakalan ceritain dari awal keberangkatan sampe pulang.

Keberangkatan

            Minggu, 14 Desember 2014. Pukul 02.15 pagi.

            Akkhhh...mama tercinta bangunin gue kesiangan. Padahal gue minta bangunin jam 1 pagi. Gue gak set alarm, karena memang gap punya jam beker atau waker atau apalah disebutnya. Sedangkan hp gue matiin karena ngirit baterai. Ya udah gue langsung bangun, buru buru mandi, dandan trus capcus ke sekolah diantar sama papa tercinta. Di suruh kumpul jam 3, sedangkan gue berangkat jam 02.35, jarak dari rumah ke sekolah kira-kira 10 km, ditambah jalan banyak kubangan, ancur berbentuk danau gitu. Sempat was was takut ditinggalin bus menuju stasiun senen. Finally, gue sampe sekolah dengan selamat meski papa tadi ngebut banget. Gue gak liat jam sih, tapi yang jelas pas gue sampe sekolah para TL sudah sibuk mengatur anak-anak yang bawa tempurung plus kopernya ke bagasi bus. Tanpa pikir panjang, gue langsung nerobos orang-orang yang berlalu lalang. Gue cari tuh tempat kumpul anak-anak kelas gue. Jalan gue terhambat, karena ribet bawa tempurung dan koper gue, plus flatshoes gue yang nyusahin. Maap aku ga bisa pake flatshoes. Da aku mah apah -_- Sampai di lokasi tempat kumpul, udah tuh langsung dibagiin semacam ID Card gitu dan tiket keretanya. Bus berangkat menuju stasiun senen kira-kira pukul 04.30. Hoy, jam segitu Jakarta sepi yaaa...tapi teteup aja Jakarta belom tidur, kayaknya ga pernah tidur sih.

            Sampai stasiun jam 05.30, sholat subuh, ngantri pengecekan tiket, jam 7 keretanya datang, masuk ke dalam gerbong kereta, dan nunggu. Nunggu apa? Cowok? Haisshhh...nunggu keretanya berangkat lah. Di tiket tulisannya kereta berangkat jam 7.25. nyatanya? Berangkat jam 8 cuy...Indonesia oh Indonesia. Sepanjang perjalanan dari Jakarta menuju Jogjakarta, tepatnya Stasiun Tugu, gue sibuk bikin vlogs, sedangkan yang lain sibuk candid, atau selfie atau groufie. By the way, gue ngerasa ada yang aneh sama keretanya. Husshh!


Sampai Jogjakarta

            Kereta sampai di Stasiun Tugu pukul 17.05, kita langsung check out. Ciailah...terus baris dan nunggu bus masing-masing. 17.20 kita sampai di Hotel, check – ini. Nah, disini nih gue kesel. Apa-apaan sih kok kamar bisa diganti-ganti gitu? Tadinya tuh gue kamar 305 di lantai 3, tiba-tiba jadi kamar 404 di lantai 4. Katanya sih kamar dengan nomor 305 ada penghuninya. Apa-apaan? Kan sudah di booking. Profesional woy! Gue pisah sama teman-teman satu kelas -_- dari kelas gue, masa cuma kamar 404 yang anak 12 IPA 2 (Expost48)? Berhubung sekamar bertiga, jadi kita bertiga ini merasa dikucilkan. *reverse to paragraph 2 yang dibold-kan*.

Malam Akbar

            Jadi, jam 06.30 gue, Ami dan Lulu tuh sudah pada mandi lagi siap-siap buat malam akbar. Sambil nunggu ada pemberitahuan kita nonton tv dulu deh. Sebelumnya kita tuh sudah janjian sama anak 12 IPA 1 yang kamarnya berdekatan dengan kita. Habis mau gimana lagi, kita gak ada temen disini. Sampai jam 7, anak IPA 1 itu belum kelar kelar dandannya. Sampai pada akhirnya temen-temen gue nelpon. Gue angkat.

Tim property, wardrobe dan pemain lagi pada sibuk
Briefing w/ all cast and all crew
            Sebelum acaranya dimulai, gue sempat briefing sama anak-anak Expost48 di dalam bus. Dari mulai nanyain kendala buat kabaret shownya, ngejelasin teknik-teknik/hal-hal yang harus dan tidak dilakukan, persiapan, support pemain dan krunya, dan gak lupa kita bikin yel yel. Dan yang bikin gue grogi adalah, gue gak pernah berbicara/pidato di depan teman-teman gue ini, diharuskan untuk memberikan pidato sambutan. Halaahhh -_- Sampai di Resto Ambar Ketawang, kita makan baru malam akbarnya dimulai. Setelah makan kita semacam rapat dan brainstorming gitu deh. Dimulai setting property, persiapan pemain, tanya jawab apa yang kurang dan apa yang harus ditambahkan, atur kru dan penonton, dan kita berdo’a. Tapi, tiba-tiba Toge (Fadli) maagnya kambuh. Sempat pusing takutnya dia ga kuat. Si Siti bingung posisi dia masuk, dijelasin sama Anti masih kurang paham. Ya sudah gue turun tangan, gue ngejelasin berkali-kali padahal, sampe suara gue meninggi, tapi alhamdulillah dia ngerti. Debat masalah property juga, tepatnya masalah pemberian bangku. Bla bla bla...sampai semuanya beres dan jelas. Pengambilan undian, Farah yang ngambil, dapat nomor urut 2.

            PERFORMING KABARET!





Berdo'a dan toss dulu

            Oh ya, kita nampilin kabaret parodi AADC yang diganti judulnya jadi AADJ (Ada Apa Dengan Jomblo). Sistematikanya dimulai, semua anggota Expost48 naik ke panggung menyerukan yel yel, setelah itu bubar dan kabaret di mulai. Ada kendala waktu bagian Siti dan Rio, mereka salah keluar panggung. Jadi sedikit menyusahkan. Sebab property novel cuma ada 1, jadi harus bergiliran sama Atdjli (pemeran utama pria sebagai Rangga). Berhubung Atdjli sebentar lagi mau masuk stage, gue sempat emosi gitu, marah-marah karena si Siti jalannya lama banget. Untung aja si Rio langsung lari, jadi keburu deh. Di bagian kabaret yang terakhir, anak Expost48 naik panggung lagi sambil nyanyiin lagu Bruno Mars Count On Me. Daaannnn...selesai. Yuhuuuu! Kita semua happy. Karena banyak yang antusias, tertarik dan terhibur karena penampilan kami. Sempat banyak yang nge-down juga katanya. Expost48 pun saling toss dan foto-foto. Gak lupa gue minta maaf dan ngucapin banyak terimakasih kepada all cast, tim musik, wardrobe, dokumenter dll. Gue salut sama kalian! Tau gak, gue hampir nangis ngeliat performa dan kesolidan kalian. Rasanyaaaaa plooooonnnggg banget. Sukses! Gue gak nyangka hasilnya lebih baik dari saat latihan. Hiks :’)
            Sampai pada pengumuman pemenang, kita dapat juara 3 J gue bersyukur karena ini lebih dari cukup. Yang penting temen-temen gue bahagia gue juga bahagia. Ditambah lagi kalau gue inget perjuangan kita semua dari mulai nentuin hal apa yang akan ditampilkan sampai pada akhirnya di minggu-minggu terakhir gue baru berani memberi usul. Dan langsung bikin konsep dan naskahnya. Kalau pemain gue gak ngerasa kesusahan karena dari awal gue udah tau kapasitas atau kualitas temen-temen gue yang memang banyak jenisnya. Dan pemain yang kepilih inilah, orang yang menurut gue sempurna untuk bermain dalam projek kabaret ini. H-3 minggu konsep dan naskahnya selesai. Dan kita latihan pas H-2 minggu. Ini lebih dari cukup :’) Omong-omong yang juara 1 dan 2 nya memang keren. Juara 1 dari 12 IPA 1 yang menampilkan drama tentang “Indonesia-ku”, temanya keren, tapi sayang pemainnya kurang total. Kalau total, ini pasti ngena banget. Menyindir masyarakat Indonesia. Juara 2 dari 12 IPA 3 menampilkan tari Sama dan semacam music video gitu, ada yang dance sambil bercerita gitu lagunya. Gue merinding banget liat performa mereka. Ngena banget! Tapi sayang, over time. Makan banyak waktu. Harusnya sih kalau ini perlombaan beneran mah didiskualifikasi. Karena maksimal waktu 10 menit, mereka 16 menit. Dan kesalahan panitia masa baru ngumumin tema yang sesungguhnya pasa saat hari penampilan? Ya gini, awalnya kita semua dikasih tema parodi, makanya gue juga bikin parodi. Tapi pas malam akbar malah bilang temanya bebas. Sue! Kalau tau dari awal, gue juga udah tau penilain juri lah. Pasti bakalan milih yang temanya berbobot dibanding penampilan bagus. Hadeh -_- padahal gue juga udah ada ide untuk bikin semacam theatrical Indonesia gitu kalau gak monolog yang dimix dengan apa gitu. Kesalahan lainnya, ada gitu juri di belakang penampil? Setau gue juri di depan penampil. Biar bisa lebih fair dan obyektif dalam menilai. Whatever lah...
-          To Be Continuing –

Awkey, sampai disini dulu. Dilanjut kalau gue ada waktu lagi
           

Comments

Popular posts from this blog

Saras 008 Pembela Kebajikan

Kontes Blog #PESAWATKERTASTERAKHIR : Teruntuk Kita yang Pernah Sedekat Nadi Sebelum Sejauh Matahari

RUGRATS : a 90's Cartoon