Pengamat Langit : Halo Bulan 01 12 2014



Selamat malam ...

Kelamaan absen menulis nih. Awkey, kali ini aku mau nge-share tentang hobi lainku sewaktu masa kecil  yang sampai saat ini pun masih tetap hobiku. Guess what? Gak tau ya? Ya sudah deh, hobi lainku adalah mengamati langit. Jadi dari  kecil tuh, aku memang sudah suka banget sama yang namanya mengamati langit. Ah sudahlah, kelamaan intro.

Tau gak sekarang ada apa? Ya, tau sekarang itu ada hari aids sedunia. Tapi, bukan itu yang aku maksud. Coba deh keluar rumah sekarang! Sudah lihat? Kenapa? Keren kan? Ya sekarang itu bulannya lagi dikelilingi pelangi yang disebut “halo”. Fenomena itu terjadi ketika awan tipis yang tinggi mengandung jutaan kristal es kecil menutupi sebagian besar langit. Setiap kristal es bertindak seperti lensa miniatur. Karena sebagian besar kristal memiliki bentuk heksagonal yang sama memanjang, cahaya masuk dari sebuah sisi kristal dan keluar melalui sisi lainnya dibiaskan 22 derajat, yang sesuai dengan jari-jari halo di sekeliling bulan. Dalam kata lain, gejala alam ini merupakan fenomena optik, dimana awan Cirrus yang mengandung uap air di udara, membentuk cristal yang kemudian membiaskan sinar bulan. Bias itu kemudian membentuk lingkaran yang merupakan cristalisasi embun, akibat tingginya penguapan yang terjadi di atas permukaan bumi, yang berada pada ketinggian 5-10 kilometer.

Nah, ada salam dari bulannya nih! Berikut ini adalah foto yang aku ambil tadi dari depan rumah, jam 07.32 pm waktu Indonesia Barat.


Ini aku cuma pakai pocket came, jadi hasilnya juga kurang jernih. Di bawah ini ada data exif nya


Ada bonus juga nih!


Ini foto aku ambil di langit timur. Langitnya sedikit jingga kemerahan, setahu aku sih tandanya waktu Isya' hehe.


Sekian, dan terima kasih ^^


Tangerang, 01 Desember 2014

ALV

Comments

Popular posts from this blog

Saras 008 Pembela Kebajikan

Kontes Blog #PESAWATKERTASTERAKHIR : Teruntuk Kita yang Pernah Sedekat Nadi Sebelum Sejauh Matahari

RUGRATS : a 90's Cartoon