Cerita Tengah Malam Tentang Gue ke Pandeglang dan ke Menhir Pahoman Sampai Ngalamin Apes yang Ruaaarr Binasa!

Hai readers, dimana pun Anda duduk maupun rebahan atau bahkan tiarap. Mari menyimak tentang diri saya dan kehidupan pribadi saya yang begitu remeh, untuk kesekiankalinya.

As always me...selalu aja tengah malam gue kebangun. Gue tuh lagi kepingin nulis semua yang ada dipikiran, kalau gue tengah malam bangun. But this time, gue bukan lagi kebangun dari tidur. Tapi tiba-tiba insomnia menyerang gue lagi. Kalau kata Mama sih gue itu suka "NGALONG". Ngalong itu kata dasar dari kalong, yang itu lhoo hewan nocturnal sebangsa kelelawar atau memang sebenarnya sama ya cuma beda penyebutan? Ngalong = kata aktif its mean melakukan hal yang seperti kalong. Seperti lazimnya kalong yang berkeliaran di malam hari dan tidur di siang hari. Jadi gue tuh hobi banget yang namanya ngejungkir balikkan waktu -siang jadi malam, malam jadi siang-. Itu terjadi sejak negara api menyerang. Hehe. Sejak gw mulai memasuki jenjang SMP, lebih tepatnya semenjak gue punya gadget dan jadi hyper banget ama tuh barang elektronik super canggih abad ini yang masih terus mengalami perubahan ke lebih canggih lagi : pc dan hp.

***

Anyway, kemarin tuh gue habis balik kampung, ke kampung halaman bokap..di Pandeglang tepatnya daerah Cadasari. Tepat pas hari May Day, dan gue kesana sendirian naik bus umum pula. Gue main kesana sebenarnya, iseng plus ada tujuan ziarah. Gak banyak hal yang bisa gue lakuin disana, selain tempatnya dingin banget yang bikin gue males ngapa-ngapain, disana juga gak ada siapa siapa: pada sekolah, ada yang sibuk kerja, dan yang tersisa adalah bocah bocah ingusan. Kalau ditanya ngapain lo kesana sementara gada kegiatan yang lo lakuin, gw bakal jawab : gue pingin suasana yang lebih fresh dan beda dari Tangerang tempat tinggal gue yang panas dan suasana lingkungan rumah ga nyaman. Ya..gue pingin nulis dengan atmosphere beda aja gitu. Berhubung rumah saudara gue itu di Gunung Karang, gue bisa lihat bukit, laut, pulau-pulau kecil yang ada di Ujung Kulon atau itu memang Pulau Umang, kapal-kapal yang sedang berlayar keliatan..mungkin disana itu pulau Sumatra soalnya gue liat ada pulau keliatan luas dari rumah sodara gue itu. bikin suasana makin romantis, menenangkan...ah.

Disana gue ziarah ke Menhir Pahoman yang ada di Desa Pasir Peteuy. Oh ya, di dekat tempat itu ada Musholla atau Masjid kecil gitu yang namanya Al-Ikhlas, konon katanya dulu mampu menampung sebanyak 1000 jamaah. Padahal luas bangunannya kecil lho. Di sana juga ada warung kecil-kecilan, itu punya kakak sepupu gue, teh Herni. Jadi kalau mau tanya-tanya tentang Menhir Pahoman ke dia, atau mau tanya tentang gue ke dia pun bisa *apa hubungannyaa?. Gue ga bisa jelasin banyak tentang Menhir Pahoman, mungkin lain kali aja gue nulisnya. Kok bisa gue ziarah ke Menhir Pahoman? Oke, ini sebenarnya karena Abah (sebutan kakek bagi gue, bapak dari Mama) yang bilang ada leluhur dari Gunung -keluarga bokap- yang katanya suka nguasain diri gue. Terus gue disuruh deh ziarah dan mandi ke Pahoman ini. Usut punya usut, daerah di sekitaran Pahoman ini tanahnya milik almarhum kakek gue dari bokap, yang disengketa orang maruk yang menyebabkan orang maruk tersebut kena tulah. Lebih tepatnya dulu ada yang ngaku kalau tanah itu punya dia, kata alm. Kakek dan almh. Nenek gue "Kalo emang itu tanah punya kamu, kamu akan selamat. Kalau bukan, hidup kamu gak akan selamat." Eh bener aja setiap ada yang nguasain dan ngakuin tu tanah..orang itu malah meninggal, perkebunan selalu gagal. Gue ga tau jelas sih ceritanya..dan soal ada leluhur di tubuh gue, gue ga bisa jelasin. Ya gue berharap sih gue sehat wal'afiat ya.

Gue juga ngalamin hal yang bikin gue gondok setengah mampus saat gue balik dari Pandeglang ke Tangerang. Ini semua gara-gara kakak sepupu gue yang gak mau naik bus  Primajasa yang menurut gue enak dan murah. Dia malah memilih naik bus sejenis Murni yang rusuhnya minta ampun dan kernet yang super rokes bikin emosi. Udah mah berangkat jam 3 sore ya mana kebagian tempat duduklah. Akhirnya kami berdiri. Kernetnya sih bilang, Serang banyak yang turun. Nyatanya? Sepanjang perjalanan penumpang ditaikkin terus padahal bus udah penuh. Nyampe yang bediri aja dari depan sampe belakang berjejer desak-desakan. Iya sih..pas di Serang ada yang turun. Tapi pas mau gue dudukin tuh sheat kosong, eh ada cowok umur 19 tahunan nyerobot duduk. Eh busett tong..lu pan baru naek tadi di Baros. Gw dari Cadasari aja belum duduk. Gak malu sama cewek kali. Gondok, gw langsung injek aja kakinya. Kebetulan dia cuma pake sendal jepit dan gue pake wedges. Haha! Tuh orang pas berdiri deket gue pun rese minta ampun. Udah tau lagi ribet, sibuk telponan sama bbm an. Arggghhh > <.  Kegondokan gue makin gede saat kernet terus maksa penumpang naik sampe yang di dalam gak bisa napas. Bayangin awalnya gue berdiri deket supir, sampe disuruh mundur ke belakang dan penuhlah sudah. Gue sempet ngucapin sumpah serapah, kalo rejeki ini bus ga berkah, jelek, trus dapet sial. Pas nyampe tol Serang Timur...bener aja vleg nya retak coba. Gue langsung turun, dan nyeplos di muka kernet "MARUK LO!!" sambil mukul pintu, yang berakibat tangan gue lecet. Penumpang lain udah minta dioper, yaelah tau sendiri angkutan umun Pandeglang itu kesetanan semua, maruk. Mana mau ngoper?

Kesialan belum nyampe situ aja. Setelah beres, gue naik lagi dan masih berdiri. Tapi gak lama, sekitar daerah Ciujung ban mobil kempes. Gue berasa udah mau mati saat itu. Gimana engga, tu bus hampir aja jatuh terbalik. Apes -___- Mana saat itu di hari Minggu yang mendung, lalu awan hitam memuntahkan tangisnya dan terbentuklah hujan. Apaan sih? Disinilah para penumpang mulai kesal. Pihak bus masih kekeuh ga mau ngoper, sampe berusaha minjem ban ke bus lain. Ya elah...mana ada yang mau ngasih. Banyak musuh gitu. Dan akhirnyaaa nyerah, sampe ada satu bus yang lumayan kosong dan penumpang dioper kesana. Tapi sue nya, si kernet maksa semua penumpang naik semua kesitu. Ya ampunn..tanpa ada penumpang lain aja bus udah ga muat. Apalagi itu nambah penumpang lagi, sampe bener-beber sumpek pintu ga bisa ditutup. Gue mutusin untuk gak naik. tanpa gue naik itu pintu udah ga bisa ditutup dan memang ga ada space buat nambah penumpang sekalipun itu berdiri. bodo amat lah kakak sepupu gue udah masuk ke itu bus. Ogah amat gue udah bayar 35k jadinya kayak gitu. Kernetnya marah, gue bentak lagi. Sumpah gue berani banget saat itu. Untung dibela 6 orang lainnya yang bernasib sama kayak gue. Si kernet kesel. Gak lama diberhentiinlah bus jurusan KaliDeres ber AC. Entah tu kernet bayarin berapa ke bus ini. Yang jelas, begitu naik kita disuruh nambah 5k. Yaelah....cuma nyampe keluar tol Balaraja Barat aja. Pake alasan bus AC, ini juga gue ga duduk. Gak lagi-lagi deh.

Pesan moral:  jangan mau naik bus yang udah tampilannya rombeng atau tidak ber AC untung jurusan Kalideres-Labuan. Karena itu yang punya orang Banten, biasanya galak, rokes, rusuh, super nyebelin. Tolak aja kalo tiba-tiba Anda ditarik naik bus tersebut. Kalo perlu tendang "anu" nya biar tau rasa. Elf di daerah Banten juga bahaya, harga suka lebih mahal dan kondekturnya nyebelin.

Alhamdulillah, sampe rumah dengan selamat meski badan remuk ruar biasa kayak habis digebukin.

Mungkin sekian cerita tengah malam dari gue. Be right back!

Lihat berapa jam gue nulis!

Comments

Popular posts from this blog

Saras 008 Pembela Kebajikan

Kontes Blog #PESAWATKERTASTERAKHIR : Teruntuk Kita yang Pernah Sedekat Nadi Sebelum Sejauh Matahari

RUGRATS : a 90's Cartoon