Hal-hal Kecil yang Membuat Bahagia

 


Selama ini kita sering banget nih berpikir kalau kita ingin bahagia kita harus mencapai hal-hal besar dulu dalam hidup. Ya, ngga munafik gue pun memiliki pendapat yang seperti itu. Misal, masuk universitas bergengsi kayak dulu sih gue ingin menjadi mahasiswa ITB, punya pekerjaan bagus dengan gaji tinggi, bisa jalan-jalan ke luar negeri sebulan sekali, bisa membeli barang-barang mewah, punya rumah yang megah dan beberapa keinginan besar lainnya. Hal-hal besar yang terlihat itu butuh banyak sekali waktu dan pengorbanan untuk mencapainya. Seakan-akan kalau mau bahagia, kita harus siap menderita terlebih dahulu sebelumnya.

Ngga ada yang salah sih mikir kayak gitu. Tapi kok ya sedih banget rasanya. Mau bahagia aja susah. Dan seringnya, gara-gara sibuk mengejar hal-hal besar yang dianggap bisa bikin bahagia, jadi lupa kalau ada hal-hal kecil yang sebenarnya juga bisa membuat bahagia.

Well, gue masih struggle dengan pemikiran ini sih. Karena jujur hal-hal bahagia menurut gue masih yang kayak bersifat meterialis. Gue punya mimpi besar yang kayaknya bisa membuat gue bahagia dan harus gue capai. Sampai tiba saatnya ketika gue berada di titik terendah dalam hidup, gue sadar semua mimpi yang terlihat membuat gue bahagia itu kayak cuma memberikan kebahagiaan yang fana. Sering kali gue merasa kosong padahal keinginan gue sudah tercapai. Terus aja begitu sampai mencari apalagi sih yang kira-kira membuat gue bahagia. Ya ngga kelar-kelar dong jadinya. Dan ketika gue ngga bisa mencapai semua itu malah menjadi beban dalam hidup gue karena terlalu berpatokan kalau gue bisa bahagia ketika sudah mencapai mimpi-mimpi gue. Seriusan, nyiksa banget deh!

Karena begini lho kalau kebahagiaan kita sifatnya yang seperti hal-hal besar tersebut, semisal ternyata kita ngga bisa mencapai itu semua berarti kita ngga bahagia gitu? Kalau ternyata kita ngga diizinin semesta untuk bisa mencapai itu semua bisa-bisa kita ngga pernah bahagia dong. Pikiran kita masih menganggap bahagia itu ya bisa memiliki hal-hal besar yang kita inginkan itu. Ketika dalam posisi down, susah deh buat bangkit lagi. Ngga semua bisa kita capai, butuh effort dan itu pun hanya Tuhan yang membuat itu bisa terjadi atau tidak.

Iya punya banyak uang itu enak. Tapi pernah ngga sih lo merasa bahagia gara-gara hal kecil kayak pas lo lagi kumpul sama teman lo; dia bilang mau kentut dengan pedenya bilang ngga bakalan bau kok tapi pas keluar ternyata kencang banget suaranya dan baunya luar biasa. Atau rebutan kulit ayam sama adik, teman, atau pacar lo mungkin.

Sebenarnya kalau diperhatikan ternyata kalau mau bahagia gampang. Ngga usah menunggu susah atau menderita dulu karena masih banyak hal-hal kecil di sekitar kita yang bisa membuat bahagia.

Di bawah ini bakalan gue list hal-hal kecil yang membuat gue bahagia. Ini berdasarkan pengalaman gue aja. Mungkin ada yang punya pengalaman yang sama atau ada hal lain lagi?

Ketemu Notebook atau Buku Diary Lama

Kalau gue pribadi sih bahagia banget ketika gue menemukan notebook atau buku diary lama gue dimana disana banyak banget catatan-catatan kecil gue ketika mendapat inspirasi. Karena finally gue punya bahan untuk gue kembangin lagi entah itu berupa tulisan di blog, konten Tik Tok atau buat caption di feed Instagram. Berasa nemu harta karun soalnya. Sama halnya ketika gue bisa menemukan foto-foto lama gue sih entah di hp atau yang sudah dicetak namun ngga tau keselip dimana.

Direspon Cepat Ketika Nge-chat Orang

Baik itu saat lagi kangen, kesepian atau ketika lagi butuh bantuan orang, ketika kita ngechat dan beberapa detik kemudian orangnya online terus typing adalah salah satu kebahagian yang tidak ada duanya. Seriusan gue bisa senyum-senyum sendirian ketika orang yang gue chat itu fast respon, bahkan sesimpel orang itu adalah teman gue. Apalagi kalau pas lagi kangen atau kesepian itu orang yang kita tunggu, tiba-tiba inisiatif ngechat duluan. Bahagianya bukan main.

Ngobrol Bareng Teman

Hal ini sih salah satu yang paling membuat gue bahagia. Ngga harus ketemu langsung via chat aja sudah membuat gue senang. Gue senang banget bisa chatan atau ngobrol sama teman lama yang jarang ketemu, ngobrol ngalor-ngidul, bercanda segala macem.

Pertemanan yang menyenangkan adalah teman yang meskipun tidak bersapa atau berkabar lama tapi tetap bisa melanjutkan pembicaraan yang asyik seolah-olah baru kemaring saling bertemu. Tidak ada marah-marahan karena tau kalau semua orang punya kehidupan dan kesibukannya masing-masing. Ini adalah jenis pertemanan terbaik yang selalu berhasil membuat kita bahagia ketika punya kesempatan buat ngobrol lama-lama. Ditelpon teman terus ngobrol lama sampai berjam-jam sampai ketiduran. Mangtep!

Lihat Orang Terdekat Tertawa

Membicarakan hal-hal tidak penting lalu ketawa-ketawa bersama dengan orang terdekat kita khususnya keluarga juga jadi salah satu momen yang selalu sukses bikin bahagia.

Apalagi kalau orangtua cerita tentang kelakuan anak-anaknya pas masa kecil entah itu pernah ngambek, marah-marah terus nyeburin diri ke got. Eh itu mah masa lalu gue ding. Haha.

Kalau Gue Cerita, Didengarkan dengan Baik

Pas gue cerita ngga diinterupsi, ngga dihakimi, ngga disbanding-bandingin masalahnya sama apa yang pernah dia lalui itu juga membuat gue bahagia. Akhirnya gue bisa menemukan pendengar yang baik biar ngga cuma gue doang yang jadi pendengar yang baik untuk banyak orang.

Apalagi kalau didengerinnya dengan antusias dan nunjukin kalau orang yang gue ajak cerita ini benar-benar peduli sama gue. Ah love you dah.

Nemu Uang

Nemu uang kalau berdasarkan pengalaman gue sih ngga cuma nemu di saku celana, selipan buku atau di kolong tempat tidur ya. Ini berlaku buat gue yang selalu menyimpan sebagian uang gue di berbagai e-wallet kayak GoPay, Ovo, Dana, dan sebagainya.

Meskipun tau itu uang gue sendiri, tapi rasanya tetap bahagia aja apa lagi pas gue lagi kere-kerenya kayak sekarang. Merasa bersyukur karena gue ngga benar-benar bokek banget. Setidaknya masih ada uang yang ternyata kelupaan sama gue dan belum gue pakai. Ada untungnya juga naro di e-wallet. Kalau kaga udah keburu diembat sama adik-adik gue.

Video Lucu

Nah gue seneng banget kalau ada teman yang suka tag atau mention gue di instagram / Tik Tok untuk melihat video lucu. Semacam jadi moodbooster tersendiri sih. Ngga jarang gue pas nangis terus tiba-tiba ketawa gara-gara ngeliat video lucu.

By the way, ditag atau di mention teman tentang suatu video atau postingan itu juga salah satu yang membuat gue bahagia. Karena gue merasa artinya dia ingat akan gue dan memprioritaskan gue, ngga mau menikmatinya sendiri.

Apalagi ya hal-hal kecil yang membuat gue senang lainnya? Nangis sesenggukan di kamar mandi atau pas hujan-hujanan. Nyanyi kencang-kencang. Jalan-jalan pergi ke suatu tempat tanpa tujuan yang penting jalan. Punya teman yang bisa diajakin kuy walau Cuma beli gorengan sama es jeruk doang. Hehe. Itu aja mungkin dari gue.

Comments

Popular posts from this blog

Saras 008 Pembela Kebajikan

Kontes Blog #PESAWATKERTASTERAKHIR : Teruntuk Kita yang Pernah Sedekat Nadi Sebelum Sejauh Matahari

RUGRATS : a 90's Cartoon