My Best Friend

 


Today, I want to tell about my best friend. My only best friend. I hope she’ll read this.

Um, apakah gue harus bilang kalau dia adalah sahabat gue? Iya, tapi jujur kadang gue merasa kayak gue ngga berarti buat dia. Dan ngga tau apa sih impact dia di kehidupan gue? Jadi sometimes gue merasa dia nganggap gue sebagai sahabatnya ngga ya? Apa dia pantas gue jadikan sebagai sahabat? Yang jelas gue nyaman dan sayang sama dia. Ada banyak hal yang kayak ngga bisa diungkapkan oleh kata-kata, sih. Dia pribadi pun berulang kali meyakinkan gue untuk percaya sama dia, jangan ragu sama dia karena sikap dia yang cuek parah sih dan she always saying “I love you.”

Tapi dia selalu ada buat gue. Nemenin gue setiap gue ada masalah, jadi penghibur gue. Walaupun dia ngga bisa untuk selalu ada di samping gue, karena jarak yang memisahkan kita, dia pun sibuk dengan kerjaan juga. Saat gue berada di titik paling terendah dalam hidup gue seperti saat ini, gue selalu butuh dia, dia selalu jadi orang pertama yang terpikirkan. Tapi sayangnya gue belum bisa jujur akan hal ini, gue belum bisa benar-benar jujur ke dia; kayak benar-benar semua cerita atau beban gue ceritain ke dia dari mulut gue langsung. Alasannya, gue lemah kalau udah ngeliat dia. Ngga tau kenapa setiap gue ada masalah terus minta ketemuan sama dia, begitu ketemu, sudah mau ngomong malah pengen nangis duluan, jadi gue tahan memilih ngga cerita dulu. Ya, dialah orang yang bisa bikin gue menangis karena masalah yang gue hadapi. Jadi gue merasa diri gue jujur di depan dia, tapi ego gue yang tinggi terus menahan-nahan biar ngga sampai beneran nangis. Ketika sama orang lain gue bisa cerita-cerita sok kuat, sementara kalau sama dia; diri gue yang asli terlihat.

Sebenarnya kalau gue lagi ada masalah gue cuma pengen dapat hiburan dari dia sih. Karena selama ini pun setiap cerita sama dia, gue ngga pernah dapat solusi yang seperti kebanyakan orang. Dia punya caranya tersendiri, tetap menasehati dan mengingatkan tetapi juga menghibur bikin moodbooster banget buat gue. Yang tadinya ada masalah tuh jadi ringan bebannya, ketawa, saling melempar jokes atau teasing. Chattingan sama dia ngeboosting mood gue jadi lebih baik, perasaan jadi enteng ngga sesak lagi. Dan itulah awal cerita persahabatan kita. Ya, alasan kenapa gue bisa dekat dengan dia. Sekalian di sini juga gue ingin menyampaikan alasan kenapa gue bilang akhir-akhir ini dia berubah. Dia udah mulai jarang nanya kabar dan ngasih sedikit perhatiannya gitu. Dulu biasanya dia selalu nanya kabar gue gimana, kerjaan gue gimana lembur atau tidak, sibuk apa, ngajak main lah, rajin nelpon atau texting ke gue entah untuk curhat atau hal-hal lainnya, dia yang selalu ‘cemburu’ kalau gue main sama temen gue yang lain, dia yang selalu nanya lagi apa dan dimana, ngetag atau mention di instagram, pokoknya notification hp gue penuh sama dia. Sosok yang paling peduli dan selalu ada buat gue.

Gue sama dia kenal di tahun 2016, karena tempat kerja pastinya atau mungkin di tahun 2015 sempat ketemu cuma belum kenal. Pada waktu itu belum akrab hanya kenal sebatas nama itu pun karena dia kembar jadi gue penasaran, ngobrol pun tidak, hanya sesekali kumpul bareng teman-teman lainnya. Di tahun 2017 kita mulai akrab karena gue dipindahkan ke bagian tempat dia bekerja. Yang paling gue ingat pada waktu itu adalah dia satu-satunya orang yang menyapa gue duluan di tempat tesebut. Di saat gue berusaha akrab pada orang lain dimana itu sangat bukan diri gue sekali karena harus SKSD ke orang lain, tapi ada dia yang malah beneran SKSD sama gue bahkan mengikuti gue dari belakang untuk makan bareng. Dia orang pertama yang ngajak ngobrol gue. Sampai akhirnya didapatlah fakta kalau ternyata teman sekolah dia adalah teman sekolah gue juga. Jadi makin akrab deh karena ada bahan obrolan lain yang bahkan mungkin sifatnya privacy bagi kita. Sejak itu dia makin sering ngontekin gue bahkan dengan cara yang sungguh tidak jelas, yang penting gimana caranya bisa akrab sama gue gitu katanya. FYI, kita kerja ngga begitu sering ngobrol karena dia sudah punya geng dan gue pun ada geng yang lain juga, dan posisi kita juga lumayan jauh. Jadi gimana tuh ceritanya punya geng yang berbeda, jarang ngobrol tapi malah kayak jadi sefrekuensi? Kita akrab banget di HP entah itu via BBM, IG, WA atau Line disana lah tempat kita sharing. Entah bagaimana ceritanya di kondisi kita yang punya geng lain, jarang ngobrol, tempat kerja ngga begitu dekat; dia kalau ada masalah larinya ke gue. Sering banget hp gue penuh dengan chat “PING!!!”nya dia kalau di BBM atau chat “P” dia di WA yang numpuk bisa belasan bahkan puluhan dia kirim. Sejak itu juga sudah mulai ada ngambek-ngambekan kalau gue balesnya lama atau ngga kalau dia texting panjang cuma gue bales “Iya” atau “Oh” kadang diread doang sama gue. Nah ini nih, alasan dia kenapa sekarang bales chat gue lama. Pasti selalu bilang, “Lu duluan yang suka bales lama, gw mah ngikutin.” Hey sayangkuuuhhhh ini perlu diluruskan; ngga ada niat disengaja sama sekali, itu karena gue beneran sibuk. Rasanya pengen bilang deh, “Lu mah bales chat lama disengaja padahal online, paling gw ditinggal nonton kalo ngga tiktokan lha itu hp kan tetep lu pegang. Apa susahnya bales langsung? Sementara gw kalo bales lama ya karena ngga pegang hp.” Makin lama mulai timbul posesif tapi masih dibatas wajar kok, mulai ada rasa saling memiliki kayak pokoknya lu ya milik gue lu sahabat gue, dia sering banget ngambek sama gue, gue kadang emosi sama dia yang ngambekan, gue juga ikut ngambek, gitu terus haha. Cerita persahabatan kita tuh kalau diinget-inget lagi lucu sebenarnya.

Gue udah cerita panjang lebar tapi ngga kasih tau nama sahabat gue siapa ya? Namanya Siti Nuryanah, seumuran dengan gue cuma lebih muda beberapa bulan dari gue. Gue biasa manggil dia Yana, tapi kadang kalau lagi pengen manja-manjaan atau sweet kayak persahabatan cewek pada umumnya gue manggil dia Ayyanah. Dia manggil gue Al, panggilan lainnya Ayyfiyah. Dan gue paling ngga suka kalau dia udah manggil gue “Fi” atau “Pi” emang masih nama gue Cuma ngga terima kalau dia yang ngomong biasa manggil “Al” ngerasa aneh dan gue lebih nyaman panggilan itu. Awalnya dia ngasih nama kontak gue Alfiah/Alfiyah katanya biar ngga ada yang nyamain. Tapi setelah gue cerita udah banyak manggil yang kayak gitu dia ngga terima harus dia aja katanya. Dia orangnya gimana ya? Hmh…gue tau dia sayang banget sama gue, cuma dia ngga bisa nunjukinnya. Dia ekspresif banget anaknya cuma entah kenapa kalau buat nunjukin rasa sayangnya itu ngga bisa. Asik anaknya, humornya receh. Gue paling seneng kalau denger dia ngoceh-ngoceh apalagi kalau pakai Bahasa Sunda, lucu dan terdengar lebih seru ceritanya. Dia ngga mau ngalah, gengsinya tinggi juga. Sometimes pribadinya amat sederhana dan polos tidak seelegan penampilannya. Dia tukang ngambek apalagi kalau gue cuma read chat dia. Suka marah ngga jelas. Lama-lama mengenal dia membuat gue terbiasa dan sudah hafal tabiatnya. Sebab itu juga jadi bonding our friendship gitu.

Yana adalah teman that I most worry about but I least worry about. Ketika terjadi sesuatu padanya, of course I worry about her. But I know that she’s strong enough to overcome anything. I believe in her and I’m sure she feels the same way about me, too. Tapi lebih banyaknya khawatir banget sih ke dia. Apalagi kalau dia ngga pernah menceritakan apa yang sedang terjadi dengan dirinya. Gue selalu tau meski dia bilang gapapa pasti ada sesuatunya walau bukan masalah yang besar tapi pasti itu bikin mood dia ngga bagus juga. Dan kalau sudah begitu tandanya dia ngga mau diganggu. Yakin 100% chat gue pun ngga akan dibales sama dia. Itu sih yang bikin gue sering kesel sama dia, kalau pun ngga dibales cepat setidaknya begitu mood bagus lagi ya bales chat gue. Walau sebetulnya gue pengen selalu ada buat dia, pokoknya apapun itu gue pengen tau, pengen dia cerita dan gue harus ngebantu dia, nemenin dia sebisa mungkin. But I know maybe gue bukanlah seseorang yang dia cari when she’s having a tough time. Gue tau rasanya ketika lu pengen meminta bantuan ke seseorang tapi orang itu ngga bisa atau ngga menemukan orang yang bisa menolong lu. Tapi I’ll be the one who come to her first. I know she’s strong and will pass her hard time.

Ketika gue mengalami masa sulit, gue melewatinya dengan cara gue sendiri. Tapi setiap kali melihat Yana, I just burst into tears. Kayak speechless aja udah ngga bisa ngomong gimana-gimana lagi, ngga bisa cerita yang sebenernya kepengennya nangis. Gue selalu menahan itu, gue menguatkan diri gue, teguh bahwa gue kuat dan bisa menghadapinya sendiri, berusaha tenang. Tetapi ketika gue melihat wajahnya, kita saling berpelukan dan gue menangis. Itu fakta  yang terjadi sebenarnya; ketika gue butuh dia, gue ngajak ketemuan, bercerita seperti biasa tetapi dalam hati menahan beban dan gue melepasnya ketika dia memeluk gue. Ya gue nangis diem-diem. Sering banget dia kalau meluk gue pasti ngomong, sementara gue diam tanpa kata, gue mencuri waktu menangis pada momen itu. In that moment I realized that I can rely on her.

Ngga bisa diungkapkan pakai kata-kata lagi sih bagaimana besar sayang gue ke dia. Sebetulnya gue juga malu kalau keseringan ngomong, “I love you. Gue sayang elu.” Atau terlalu sering ngungkapinnya sih. Tapi seringnya gue keliat ngga peduli dan gengsi buat ngakuin itu. Intinya gue mau berterimakasih aja sama dia, gue ngga butuh teman yang sering traktir gue, tapi gue butuh teman yang bisa memeluk gue, menjadi pendengar gue yang baik, yang selalu support gue, yang bisa menghibur gue, sesimpel ngasih perhatian via chat aja udah cukup bikin gue semangat buat lanjutin hidup. Do’ain gue ya biar punya penghasilan lagi terus biar bisa traktir Yana, ngajak dia jalan sesukanya, pergi ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi.

Baca tulisan tentang dia lainnya di sini dan di sini juga .

Comments

Popular posts from this blog

Saras 008 Pembela Kebajikan

Kontes Blog #PESAWATKERTASTERAKHIR : Teruntuk Kita yang Pernah Sedekat Nadi Sebelum Sejauh Matahari

RUGRATS : a 90's Cartoon